Perantau Pulanglah! Berhari Raya Di Kampung, Wisatawan Ayo ke Sumbar

Jam Gadang Bukittinggi
Jam Gadang Bukittinggi (Istimewa)

PADANG, KLIKPOSITIF - Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Pemprov Sumbar) melalui Dinas Pariwisata setempat mengaku telah siap menerima wisatawan lokal dan mancanegara.

"Kami sudah siap menemani wisman, bahkan wisatawan nusantara telah lama kita terima," ungkap Kelapa Dinas Pariwisata Sumbar Novrial kepada KLIKPOSITIF beberapa hari lalu.

baca juga: Anggota DPR-RI Puji Cara Sumbar Tangani COVID-19

Sebelumnya Gubernur Sumbar Irwan Prayitno juga menyerukan hal yang sama kepada perantau di Jakarta.

"Sekarang kondisi Sumbar sudah sangat baik, bahkan pengendalian wabah COVID-19 yang dilakukan dengan empat strategi yaitu tracking, isolasi dan treatment mendapat pujian dari Presiden Joko Widodo, masuk lima besar terbaik Nasional. Silakan datang Sumbar siap menyambut perantau dan wisatawan ," ajaknya.

baca juga: Hari Ini 4 Pasien COVID-19 di Tanah Datar Dinyatakan Sembuh

Ajakan untuk berwisata ke Sumbar juga disampaikan Kepala Bidang Promosi Dinas Pariwisata Sumbar Hendri Agung Indrianto. Dia mengaku, Sumbar telah siap dengan berbagai prosedur di tempat wisata di daerah itu.

Dirinci Agung, mulai dari pembelakuan protokol kesehatan COVID-19, tes swab menyeluruh bagi karyawan hotel hingga memberikan pemeriksaan swab gratis di Bandara.

baca juga: Operasi Yustisi di Payakumbuh Sembilan Hari, 196 Pelanggar Protokol Kesehatan Ditindak

"Jadi tunggu apalagi? bagi dunsanak perantau pulang kampunglah. Rayakan Idul Adha di kampung halaman tercinta. Bagi sahabat-sahabat yang sudah bosan di rumah saja, yuk jalan-jalan, berwisata ke Sumbar, kami tunggu ya," ajaknya.

Walaupun mengajak, Agung tetap menekankan pengunjung yang berwudhu menjalankan protokol COVID-19. Menurutnya, disiplin menerapkan protokol kesehatan akan aman dari penularan COVID-19.

baca juga: Seluruh Pengelola dan Karyawan Kuliner di Padang Wajib Tes Swab: Sanksi Tempat Usaha Ditutup

"Apabila disiplin menerapkan protokol Kmkesehatan yang ketat Insyaallah aman. Perjalanan ke Jakarta aja aman padahal lebih tinggi kasus COVID-19nya, apalagi ke Sumbar," terangnya membandingkan.

Agung berharap kesiapan pemerintah dalam mengendalikan penyeberan COVID-19 bisa membangkitkan kembali sektor pariwisata di daerah tersebut.

"Kondisi Sumbar sekarang sudah sangat baik, silahkan datang, Sumbar siap menyambut perantau dan wisatawan ," tukasnya. (*)

[Hms-Sumbar]

Editor: Joni Abdul Kasir