Kunjungan Wisatawan ke Tanah Datar Menurun, Pelaku Wisata : Bukan Karena Virus Corona

Hotel Emersia Batusangkar
Hotel Emersia Batusangkar (ist)

TANAH DATAR , KLIKPOSITIF - Kunjungan wisatawan ke Kabupaten Tanah Datar dua bulan terakhir menurun. Hal ini bukan disebabkan merebaknya virus Corona di berbagai negara di dunia.

"Tingkat kunjungan dan hunian hotel memang sedikit, tapi penyebab utamanya bukan merebaknya virus Corona," ucap General Manager Emersia Hotel Batusangkar Joe Lubis di Batusangkar, Senin 2 Maret 2020.

baca juga: Terlibat Lakalantas, Mobil Dinas Wakil Ketua DPRD Tanah Datar Diamankan Polisi

Pelaku wisata ini menyebut untuk tingkat hunian di Hotel Emersia tidak berpengaruh signifikan atas kunjungan wisatawan mancanegara, karena segmen pasarnya lebih banyak pemerintahan dan korporasi.

"Jadi lesunya bisnis hotel di awal tahun ini karena memang kegiatan pemerintahan dan pihak swasta belum ada. Mudah-mudahan bulan Maret ini mulai bergairah," tutur Joe.

baca juga: Tiga Hari Bersama Konstituen, Andre Rosiade Salurkan Bantuan dan Aneka Pelatihan

Sementara itu, Kepala Bidang Pariwisata Dinas Parpora Tanah Datar Efrison juga mengakui, kunjungan wisatawan baik domistik maupun mancanegara ke beberapa destinasi utama Kabupaten Tanah Datar menurun dua bulan terakhir.

Ia menjelaskan kunjungan wisatawan pada Januari 2020 sebanyak 113.518 orang dan pada Februari sebanyak 17.044 orang. Sementara kunjungan wisatawan pada Januari 2019 sebanyak 117.855 orang dan pada Februari 2019 sebanyak 101.182 orang.

baca juga: KPU Tanah Datar Lantik 879 Ketua KPPS, Ini Pakta Integritas yang Harus Dipatuhi

"Menurunnya kunjungan wisatawan mancanegara ke Tanah Datar tidak ada hubungannya dengan merebaknya virus Corona di berbagai negara," tuturnya. (*)

Penulis: Irfan Taufik | Editor: Haswandi