Mengapa Harus ke Maninjau? Ini Sederet Keindahan Alamnya

Keindahan Maninjau dari kelok 44
Keindahan Maninjau dari kelok 44 (KLIKPOSITIF/Joni Abdul Kasir )

AGAM, KLIKPOSITIF - Kabupaten Agam Sumatera Barat memiliki segudang potensi menarik yang dapat membuat para pengunjung dan wisatawan berdecak kagum, salah satunya objek wisata yang ada di Ranah Minang ini.

Danau Maninjau , dengan luas mencapai 100 km2, dengan kedalaman mencapai 495 meter dan luas hampir 99,5 km persegi, merupakan danau terbesar kedua di Kabupaten Agam Sumatera Barat. Danau ini terbentuk sebagai akibat dari letusan gunung berapi puluhan ribu tahun yang lalu.

baca juga: Ngopi Santai Racikan Alumni Hard Rock Caffe, Plus Sunset Danau Maninjau

Danau Maninjau memiliki pemandangan yang sangat indah. Dengan air yang bening bak cermin, dikelilingi oleh hamparan perbukitan hijau menjadi objek wisata yang selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan baik lokal maupun asing.

Ada banyak spot yang dapat anda kunjungi untuk menikmati keindahan Danau Maninjau , terlebih dari ketinggian, hamparan luas perairan yang dikelilingi perbukitan menciptakan rasa takjub bagi siapa saja yang melihatnya.

baca juga: Memancing Saat Penerapan PSBB, 10 Pamancing Diamankan di Agam

Berikut sejumlah spot terbaik untuk menikmati keindahan Danau Maninjau , dan sekitarnya termasuk bagi pengunjung yang ingin berswafoto untuk mengabadikannya.

1. Keindahan pemandangan Danau Maninjau dapat terlihat jelas dari atas bukit yang mengelilinginya. Bukit yang terkenal, yaitu tempat beradanya kelokan berjumlah 44, atau biasa disebut Kelok 44.

baca juga: Pelajar Tenggelam di Danau Maninjau Ditemukan Meninggal

Untuk mengunjungi Danau Maninjau jika dari kota Bukittinggi, biasanya kita melewati Kelok 44 ini. Kelok 44 ini salah satu spot terbaik untuk memotret panorama Danau Maninjau .

2. Salah satu spot yang paling ramai dan paling banyak dikunjungi adalah kawasan puncak lawang. Berada di Ketinggian 1.210 mdpl, Puncak Lawang merupakan puncak tertinggi perbukitan yang mengelilingi Danau Maninjau .

baca juga: Pelajar SMP Tenggelam di Danau Maninjau

Dari Puncak Lawang, anda dapat melihat keseluruhan Danau Maninjau . Secara administratif, Puncak Lawang ada di Kecamatan Matur, Kabupaten Agam, Sumatera Barat.

3. Dari Puncak Lawang pengunjung dapat terbang melayang (paralayang) di atas Danau Maninjau dengan segala keindahan yang tersaji. Bahkan Event Paralayang dijadikan event tahunan oleh Pemerintah Daerah karena melihat tingginya animo peserta dalam mengikuti pagelaran ini, bukan hanya peserta lokal namun juga diikuti oleh peserta mancanegara.

4. Hamparan sawah, dan ladang yang berjenjang dipinggang perbukitan Puncak Lawang menyajikan kesejukan dan kekayaan alam. (*)

Penulis: Joni Abdul Kasir