Akhirnya Danau Singkarak Dilalui Pembalap TdS 2019, Ini Rutenya

Pembalap TdS 2018 melintasi Kampus UNP Padang
Pembalap TdS 2018 melintasi Kampus UNP Padang (KLIKPOSITIF/Joni Abdul Kasir )

PADANG, KLIKPOSITIF - Koordinator Tim Teknis Asep Cheppy Sulaiman menyatakan danau Singkarak akhirnya dilalui pada TdS 2019 yang akan berlangsung dari 2 hingga 10 November.

"Masuk pada etape 6, Start di Dermaga Singkarak (Kabupaten Solok) dan finish di taman kota Padang Aro (Kabupaten Solok Selatan), 214,2 KM," jelasnya kepada KLIKPOSITIF , Sabtu 5 Oktober 2019.

baca juga: Wagub Sumbar: Kekurangan dan Kelemahan TdS Diperbaiki Bersama

Bahkan, pembalap keliling danau Singkarak satu kali putaran. Namun ada syarat yang harus dipenuhi, pertama danau Singkarak harus dibenahi. Karena 10 tahun penyelenggaraan tidak ada perubahan dari danau tersebut. Mulai dari jalan yang kecil, semeraut dan kotor.

"Ini event sport tourism. Spot fotonya disini (danau), kalau kotor dan semeraut akan tidak bagus bagi pariwisata Sumbar," ungkapnya.

baca juga: Berbarengan dengan Pilkada, TdS 2020 Terancam Batal Diselenggarakan

Selain itu, pedagang disekitar danau juga juga harus dibenahi, selanjutnya lahan becek juga harus menjanjikan perhatian pemerintah setempat.

"Sarana dan prasarana harus dibenahi, sampah yang paling penting untuk dibenahi," tegasnya.

baca juga: Evaluasi TdS, DPRD Sumbar: Jangan Lagi Ada Aspal Satu Malam

Berikut rincian Etape 6 : Start di Dermaga Singkarak (Kabupaten Solok), pembalap lanjut ke Simpang Sumani - Pintu Gerbang Saning Baka - Muaro Pingai - Paninggahan - Polsek Batipuah Selatan - Kacang - Tikalak - Polsek Singkarak - Pasangrahan Singkarak (1loop).

Kemudian, lanjut ke Aur Duri Sumani - Tanjung Bingkuang - Balai Kota Solok - Salayo - Koto Baru - Tugu Cupak - Polsek Gunung Talang - Guguak - Tugu Ayam Arosuka - Polres Arosuka - Simpang Tj Nan VI - Alahan Panjang - Aei Dingin - Surian dan finish di taman kota Padang Aro (Kabupaten Solok Selatan), 214,2 KM. (*)

baca juga: Perdana Masuk Rute TdS, Ini Komentar Warga Sutera Pessel

Penulis: Joni Abdul Kasir