Berawal dari Tugas Kelompok, Mahasiswa UNP Berhasil Jadikan Rebung Cemilan Nikmat dan Gurih

"Dengan pengetahuan seadanya, tirta bersama tiga orang temannya Suci Aprilia Hendri, Titania Suci Rahayu, Syukri Abdul Rahman membuat kerupuk rebung"
Dosen Mata kuliah Kewirausahaan UNP Husein Thamrin bersama Tirta Menia Marhiska, Suci Aprilia Hendri, Titania Suci Rahayu memperlihatkan produk kerupuk rebung (KLIKPOSITIF/Joni Abdul Kasir )

PADANG, KLIKPOSITIF - Rebung yang biasanya dimanfaatkan untuk gulai disetiap pesta pernikahan di Minangkabau ternyata ditangan kreatif mahasiswa Universitas Negeri Padang (UNP) bisa menjadi kerupuk nikmat dan gurih.

Bambu muda itu disulap menjadi kerupuk yang renyah untuk cemilan sehari-hari. Pemanfaatan rebung menjadi makanan yang mempunyai keunikan dan nilai gizi yang tinggi tentunya akan menjadi sesuatu kelebihan tersendiri.

Cemilan tak biasa dari bambu muda atau yang biasa disebut rebung ini, memiliki kandungan serat dan kalium tinggi, aman dikonsumsi serta bebas bahan kimia, murah dan mudah didapatkan sehingga dapat menarik minat konsumen jika dipasarkan.

"Awalnya kami ada tugas kelompok mata kuliah kewirausahaan membuat produk yang unik. Di kampung saya Payakumbuh rebung ini sering dijadikan sayuran, tapi saya kepikiran untuk membuat kerupuk dari rebung," kata salah seorang mahasiswa Manajemen D3 Universitas Negeri Padang (UNP) pencetus kerupuk rebung Tirta Menia Marhiska, Senin 14 Oktober 2019 di Padang.

Keinginan tersebut juga didorong dengan ketersediaan rebung yang berlimpah di kampung halamannya. Dengan pengetahuan seadanya, tirta bersama tiga orang temannya Suci Aprilia Hendri, Titania Suci Rahayu, Syukri Abdul Rahman membuat kerupuk rebung.

Tirta juga menjelaskan alasannya memilih rebung, karena senyawa utama yang terkadung dalam rebung mentah adalah air, yaitu sekitar 91 persen. Disamping itu, rebung juga mengandung protein, karbohidrat, lemak, vitamin A, thiamin, riboflavin, vitamin C, serta mineral lain seperti kalsium, fosfor, besi, dan kalium.

"Bila dibandingkan dengan sayuran lainnya, kandungan protein, lemak, dan karbohidrat pada rebung, tidak berbeda jauh," kata dia.

Rebung juga mempunyai kandungan kalium cukup tinggi, kadar kalium per 100 gram rebung adalah 533 mg. Makanan yang sarat kalium, yaitu minimal 400 mg, dapat mengurangi risiko stroke. ... Baca halaman selanjutnya