Teruci Chaprendang Bagi-bagi Masker

()

PADANG, KLIKPOSITIF - Dampak kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang sedang terjadi di Sumatera dan Kalimantan, mengakibatkan banyak korban berjatuhan. Beberapa sekolah juga diliburkan demi meminimalisir jatuhnya korban.

Menindaklanjuti kondisi kabut asap yang semakin parah, Terios Rush Club Indonesia ( Teruci ) Chaprendang Sumbar , menggelar aksi sosial bagi-bagi masker kepada kepada masyarakat di Kota Padang dan Muara Labuh, Kabupaten Solok Selatan.

baca juga: Lima Rumah Warga dan Satu Musala Rusak Dihantam Longsor di Batipuh Selatan Tanah Datar

“Bantuan masker kami bagikan kepada pejalan kaki, pengguna sepeda,  sepeda motor dan roda empat dan orang-orang yang sedang beraktifitas di luar ruangan yang ada di Padang dan Muaro Labuh,” kata Kumendan Teruci Chaprendang Sumbar Dedy Satria, Selasa, Jumat, 20 September 2019.

Menurut Dedy, bagi-bagi masker itu murni merupakan bentuk kepedulian anggota Teruci Chaprendang kepada masyarakat, sekaligus merupakan implementasi dari program kerja bakti sosial (baksos) Teruci Chaprendang.

baca juga: Pasien Sembuh COVID di Pessel Bertambah Dua Orang, Total Jadi 15 Orang

“Kegiatan bagi-bagi masker itu merupakan salah satu  bentuk implementasi dari program bakti sosial Teruci Chaprendang. Masyarakat dianjurkan untuk tidak keluar rumah kalau tidak terlalu penting.  Jika memang terpaksa maka di sarankan selalu menggunakan masker agar tidak terserang ISPA,” ujarnya.

Kegiatan bagi-bagi masker gratis di Padang, juga didukung oleh Astra Daihatsu.  Sedangkan di Solok Selatan, anggota Teruci Chaprendang Sumbar yang dikoordinir oleh Wakil Kumendan II, Teruci Chaprendang Syaiful Anwar, membagikan masker untuk lebih 300 orang. “Di Solok Selatan kita membagikan lebih 300 masker kepada masyarakat,” ungkap Syaiful Anwar.

baca juga: Pemerintah Akan Lanjutkan Pembenahan Infrastruktur Pendidikan di Politeknik Negeri Padang dan Kampus Lainnya

Berangkat Annivfest

Di sisi lain, Kumendan Teruci Chaprendang Sumbar Dedy Satria menyampaikan bahwa Teruci Chaprendang merupakan komunitas mobil yang tidak hanya menggelar berbagai kegiatan sosial, tapi juga rutin mengeksplore berbagai destininasi wisata di Indonesia.

baca juga: Kabar Baik, Bukittinggi Sudah 12 Hari Tanpa Tambahan Kasus COVID-19

Kemudian di samping itu, komunitas Teruci ini juga rutin melakukan touring ke berbagai provinsi di Indonesia dan melakukan pertemuan antar komunitas Teruci di Indonesia. Bahkan dalam waktu dekat ini, Bendahara PSSI Kota Padang itu juga menuturkan bahwa Teruci Chaprendang Sumbar , juga akan berkunjung ke Bandung, Jawa Barat untuk menghadiri Anniversary Festival Teruci ke-12 yang digelar 28-29 September mendatang.

“Ada 24 orang anggota Teruci Chaprendang Sumbar yang siap menghadiri event nasional itu. Untuk menuju Kota Kembang Bandung itu, utusan Teruci Chaprendang akan berangkat menggunakan lima mobil,” ujar Dedy. “Kami melakukan touring panjang menuju Bandung. Kami berangkat 26 September besok,” imbuhnya.

Dikatakan Dedy Satria, selama dalam perjalanan rombongan akan bergabung dengan chapter-chapter lain seperti dari Jambi, Palembang, Lampung dan Jakarta. “Dari Jakarta ke Bandung rombongan akan berkumpul dulu di rest area km 39 tol Jakarta-Cikampek bersama chapter-chapter lain khususnya dari Pulau Jawa, setelah itu baru menuju Bandung,” sebutnya.

Bagi anggota yang mengikuti rangkaian acara Anniversary Teruci , Dewan Pengurus Pusat (DPP) akan memberikan penghargaan berupa PIN. “Setiap anggota yang menghadiri anniversary akan mendapat penghargaan berupa PIN dari DPP,” pungkas Dedy Satria.(*)

Penulis: Riki S