Segera Dibuka, Seperti Ini Penampakan Banto Royo Agam yang Memukau

"Rencananya, pada September mendatang tempat ini baru akan dibuka secara resmi"
Kawasan Banto Royo (KLIKPOSITIF/Hatta Rizal)

AGAM,KLIKPOSITIF -- Bagi anda pencinta wisata air, ada salah satu tempat yang direkomendasikan masuk dalam agenda kunjungan wisata. Destinasi itu adalah Taman Bermain Banto Royo, berlokasi di Jorong Kaluang Tapi, Nagari Koto Tangah, Kecamatan Tilatang Kamang, Agam-Sumbar.

Namun harap bersabar, karena tempat ini masih dalam proses pengerjaan. Rencananya, pada September mendatang tempat ini baru akan dibuka secara resmi.

Meski belum dibuka, namun banyak pengunjung yang berdatangan tanpa bisa dicegah. Foto-foto yang menceritakan keelokan wisata air ini bertebaran di media sosial. Rata-rata pengunjung berfoto di sepanjang jembatan air dengan latar belakang pohon cingkariang.

Alam sekeliling objek ini, sangatlah elok. Di depan, serta bagian kanan, terhampar luar areal persawahan Kamang yang permai hingga jejeran bukit barisan yang menjulang. Di bagian kirinya, Banto Royo tinggal berdampingan dengan objek wisata masyhur lainnya Telaga Tirta Sari Songsang.

Banto Royo, merupakan kawasan rawa atau dalam bahasa lokal disebut Bancah dengan luas 6,2 hektare, yang saat ini disulap menjadi kawasan wisata. Kawasan ini "tertidur" sejak tahun 1983 dan tak lagi digarap menjadi areal persawahan karena terlalu berair. Tempat ini berada di kaki bukit yang bernama Lakuang.

Dulunya, tempat ini menjadi rawa liar yang dihuni burung belibis dan beraneka jenis satwa air lainnya. KLIKPOSITIF pernah mengunjungi kawasan ini pada tahun 2015. Kala itu, rawa ini betul-betul tak bisa dikunjungi, sebab tanahnya terlalu lempung. Jika berjalan di atasnya, kita akan bergoyang-goyang, kemungkinan buruknya bisa tenggelam.

Belasan pohon-pohon Cingkariang yang berada di ujung rawa atau di kaki Bukit Lakuang, tampak sangat seram sekaligus awut-awutan. Di puncak Cingkariang ini, kadang-kadang ribuan belibis setiap sore harinya berkumpul dan bercengkrama menimbulkan suara yang membikin bulu kuduk berdiri.

Bekerjasama ... Baca halaman selanjutnya